Thursday, January 4, 2018

Hiking in Kelheim, The Best View of The Danube River



 

          Kelheim, sebuah kota kecil di Bavaria-Jerman yang juga dilalui Sungau terpanjang di Eropa nan eksotis. Di suatu hari yang cerah di musim gugur 2016, mama gf yang memiliki hobi sama sepertiku memutuskan untuk mengajak kami semua untuk pergi mendaki kecil-kecilan. Kamipun mulai bersiap - siap dan  kamipun berangkat ke Kota Kelheim menggunakan mobil. Namun, karena mungkin kami sedikit terlambat berangkat, akhirnya cuaca cerah dan langit biru telah meninggalkan kami. Haripun mulai berkabut. Namun itu tak membatasi keinginan kami untuk menikmati keindahan Kota Kelheim dan Sungan Donau yang eksotis dari ketinggian, ya karena mau bagaimana lagi, kami sudah sampai dan tiba-tiba cuaca berubah tak bersahabat.


          Meskipun mulai berkabut, namun kami tetap merasakan suasana pedesaan nan sejuk, udara dindin, dan kicauan burung menemani perjalanan kami menuju ketinggian. Kami juga berencana sedikit menjelajah tempat-tempat wisata di daerah ini, dan yang menjadi tujuan pertama adalah menikmati keindahan sungai Donau dari atas.


          Deretan pepohonan yang memiliki daun berwarna emas menghiasi mata kami sepanjang perjalanan, sungguh suatu suguhan pemandangan alam yang menawan. Saat musim gugur tak hanya daun yang membalikkan warnanya, namun jamur pun juga banyak bertumbuhan dimana-mana, benar-benar ciri khas musim gugur. Dan akupun cukup takjub saat aku menemukan banyak jamur berukuran besar.



          Donau adalah sungai kedua terpanjang di Eropa yang bersumber dari Schwarzwald (Blackforest) di Jerman dan mengalir kearah tenggara melewati empat ibukota di Eropa Timur dan tengah, sebelum bermuara ke laut hitam melalui Delta Donau di Rumania dan Ukraina. 




          Sungai Donau tercatat dalam sejarah sebagai salah satu perbatasan lama dari Kekaisaran Romawi, yang saat ini mengalir dan berfungsi sebagai bagian perbatasan sepuluh negara yaitu Jerman, Austria, Slovakia, Serbia, Kroasia, Hungaria, Ukraina, Bulgaria, Moldova, dan Rumania.

          Selain negara-negara yang berbatasan ini, cekungan drainase sungai Donau termasuk bagian dari delapan negara lagi yaitu Bosnia & Herzegovina, Slovenia, Swiss, Republik Ceko, Polandia, Republik Makedonia, Albania, dan Italia. Titik tertinggi dari daerah aliran sungai Donau terdapat di Puncak Piz Bernina yaitu perbatasan Italia dan Swiss.




          Sudah dapat dibayangkan betapa pentingnya keberadaan sungai ini. Sejak selesainya terusan Rhein-Main-Donau Jerman pada tahun 1992, Sungai Donau sudah menjadi bagian dari saluran air Trans Eropa dari Rotterdam di laut utara ke Sulina di laut hitam dengan jarak kira-kira 3500 Km. Pada tahun 1994 Sungai Donau ini dinyatakan sebagai salah satu dari sepuluh koridor transportasi Pan-Eropa, rute di Eropa Timur dan Tengah yang membutuhkan investasi besar selama sepuluh hingga lima belas tahun. Meskipun hulu Sungai Donau saat ini relatif kecil, secara geologis Donau jauh lebih tua dari sungai Rhein.
 
          Untuk menikmati keindahan sungai Donau antara lain dari tempat wisata seperti Lembah Wachau, Taman Nasional Donau-Auen di Austria, Gemenc di Hongaria, rit Kopački di Kroasia, Iron Gate di Serbia dan Rumania, Delta Danube di Rumania, Cagar Alam Srebarna di Bulgaria, Naturpark Obere Donau di Baden Wuttenberg, dan di Kloster Weltenburg Bayern.






          Sepanjang perjalanan menyusuri sungai Donau, tidak dapat dikhiaskan dengan kata-kata betapa indahnya barisan perbukitan tinggi yang memagari sungai Donau. Pohon-pohon rindang yang tumbuh diatas batu, kehidupan binatang didalam sungai bisa dilihat jelas karena airnya yang jernih, bahkan benteng dan kastil peninggalan Romawi sesekali mengintip diantara pepohonan di puncak bukit, salah satunya yaitu BefreiungshalleWunderbar !








          Setelah perjalanan yang menakjubkan menyusuri keindahan alam sepanjang sungai Donau yang memakan waktu kira-kira empat jam lamanya, tibalah kami di lokasi biara Weltenburg Kelheim. Disana terdapat sebuah basilika dengan ornamen peninggalan kerajaan Romawi, juga museum dan berbagai macam restoran. Menurut sejarah, biara ini merupakan titik awal penyebaran agama Katholik di Bayern bahkan di Jerman pada umumnya. Sepertinya tempat ini menjadi sangat penting bagi masyarakat Bayern.

          Setelah puas menikmati beberapa tempat di lokasi biara Weltenburg ini kamipun kembali ke dermaga Kelheim. Perjalanan pulang menyusuri sungai Donau, aku dibuat terkagum-kagum dengan alam ciptaan Tuhan yang ditata rapi menjadikannya surga bagi wisatawan… Deutschland like a fairytale…

2 comments:

  1. Kok cuma foto aja? Mana tulisannya kak?
    Aku tunggu yaa....

    ReplyDelete

Komen dong guys..

Zaanse Schans, Kampung Penjebakan Turis

Zaanse Schans merupakan s ebuah wisata kecil tempat penjebakan para turis hehehe. Tempat ini sangat terkenal karena koleksi kincir ...